16 Jul, 2017

5 Keuntungan Bila Kamu Memanfaatkan Konten VIRAL!

Inilah 5 Keuntungan Bila Kamu Memanfaatkan Konten VIRAL!

 

Nggak kerasa banget ya? Tau tau sekarang udah tahun 2017 aja. Padahal baru kemaren action buat website, sosial media, semua username dibooking sesuai nama web atau brand yang kita buat. Dan tau tau sekarang telegram mau diblokir. Hiks.

Sebelum aku mengentahui arti VIRAL itu apa, aku apatis sekali tuh. “apaan tuh VIRAL?”, “emang penting banget gue pelajari?”.

Begitulah suara diri yang hadir ketika aku belum mengerti apa itu VIRAL dan apa saja manfaatnya.

Sekarang udah masuk Era Digital, Sobat. Kalau sekarang kita berleha leha dalam membangun aset di digital. Kita bakal ketinggalan banget.

Seperti Brand MatahatiMall.com, aku pikir ia cukup ketinggalan dari pesaingnya. Dan itu memakan cost yang cukup besar.

Untuk membangun aset di digital kita bisa manfaatkan konten viral lho. Konten itu beragam, dari tulisan, video, postingan, meme, dsb.

Mungkin yang aku bisa upayakan ya buat artikel yang muantep. Hehe. Sayangnya belum banyak kursus yang isinya tentang bagaimana membuat konten viral dan terbukti!

VIRAL secara harfiah adalah MENYEBAR. Jadi gimana cara nya konten kita bisa menyebar dengan luas tanpa perlu keluar banyak uang. WOW kan?

“hmm, begitu ya Kadika. Boleh dong kabarin aku kalau ada Panduan Viral?”

Boleh banget. Tapi sabar, jangan buru buru kepengen punya kursusnya, kalau belum tau apa aja keuntungan memanfaatkan konten viral.

Setidaknya aku telah merangkum dari pengalamanku, ada lima keuntungan ketika Kamu memakasimalkan konten VIRAL.

 

#1. Meningkatkan Pengunjung

Jelas banget. Kalau konten viral itu bikin trafik langsung naik! Hahaha. Mau konten itu berupa postingan di facebook atau blog post.

Otomatis pengunjung akan meningkat. Wong viral itu melibatkan banyak orang. Karena kecil kemungkinan kalau orang share tanpa baca atau lihat dulu!

 

#2. Meningkatkan Konversi (Penjualan mau pun List)

Kalau pengunjung banyak konversi penjualan pun ikut naik! Karena trafik itu penting banget di jualan online. Tanpa trafik mana ada orang yang melihat barang dagangan kita.

Itu kalau jualan, kalau ngelist building. Ya, list databasenya meningkat karena orang lain merasa interest dengan konten tersebut. Dan akhirnya mereka mengisi data mereka dengan suka rela.

Hitungannya, kalau ada 10.000 orang yang share, pasti ada aja yang beli atau masukin datanya. Hehe. Ini kalau emang konten bertujuan untuk penjualan atau list building.

 

#3. Low Cost

Bener banget, Sobat. Kalau di sosial media kita nggak perlu banyak spending duit. Kalau emang kontennya banyak yang share. Emang di awal butuh budget, tapi nggak banyak.

Karena semakin viral ya, semakin low cost. Baik bentuknya postingan mau pun blog post. Karena viral itu cuman ada di SOSIAL MEDIA! Hehe…

 

#4. Meningkatnya Brand Awareness

Saat jangkauan semakin meningkat, maka orang yang tau nama brand kita semakin banyak, dari orang yang nggak tau, jadi tahu. Lalu yang tahu menjadi paham. Dan paham segera ingin membeli.

Contoh, Kenapa iklan AQUA terus berulang? Sederhana supaya semakin familiar di benak audience. Atau bahasanya itu menjadi TOP of MIND (bahasa yang dibawa dari kelas haha).

Soalnya aku pernah ngiklan di facebook dengan konten video, lumayanlah menjakau puluhan ribu. dan itu pertama kali ngiklan. haha.

Sederhananya gimana orang mau beli produk kita atau percaya sama kita. Kalau mereka sendiri belum tau apa produk atau brand kita. Setuju ya Sobat?

 

#5. Leader Opinion

Masih inget Afi? Ia terkenal dengan tulisan viralnya. Karena itu ia jadi Leader Opinion atau Pemimpin Opini. Buktinya sekarang ia suka diundang oleh universitas. Bahkan kementrian.

Terlepas plagiat atau bukan, yang jelas sebab ia seperti sekarang karena tulisannya yang VIRAL. Gimana kebayang kan? Kalau seandainya itu tulisan Kamu. WAH! Sekali haha.

 

Demikian yang bisa aku sampaikan. Eh iya lupa ngabarin. insyaaAllah tanggal 11 Agustus 2017. Kalau nggak ada halangan aku akan launching E-Guide.

Sebuah panduan bagaimana membuat konten VIRAL ala Hipwee yang jelas udah terbukti bangetttt…. hehe… yang insyaaAllah lengap .. mulai dari mindset hingga prakteknya. Bisa dilihat isi dari E Guide nya di bawah ini.[]

KadiKa

Pemuda yang terus ingin menyebarkan MANFAAT lewat TULISAN.

You may also like...

5 Responses

  1. Wadiyo says:

    Salam kenal,
    saya baca dari blognya Mas Yodhia dan tertarik ke sini.
    Dan Artikel-artikelnya memang menarik banget, dar judulnya saja sudah pingin membaca isinya.
    Bagaimana caranya bisa membuat judul dan artikel yang menarik seperti itu ya?

    Terima kasih

    • Ifan Prasya says:

      Halo Mas Wadiyo,

      Kenalin saya Ifan Prasya, partner Kadika Talk yang kebetulan fokus di viral content.

      Untuk bikin judul yang clickable, formula yang paling mudah ialah menyamakan dulu sudut pandang antara kita (penulis) dengan pembaca. Contoh, kita mau nulis soal deretan kafe yang dalam ruangannya ada buku-buku untuk dibaca, maka judulnya seharusnya kayak gini “10 Kafe Cozy yang Wajib Para Pecinta Buku Kunjungi”.

      Nah, di sini ada tiga objek, yakni “kafe cozy (nyaman)”, “pecinta buku”, “wajib dikunjungi”. Ketiga objek ini udah bagus banget buat narik minat siapapun buat ngebaca, terutama buat mereka yang suka nongkrong di kafe, atau suka baca buku. Intinya sih, kita sebagai penulis, ngasih tau apa sih yg bakal kita ulas, buat siapa sih tulisan itu, dan apa sih yg harus kita (pembaca) lakuin.

      Itu untuk judul.

      Sedangkan, untuk artikelnya sendiri, buaanyak banget formula yang bisa dipake. Tapi yang paling penting, ya pemilihan tema bahasan. Kalau tema-tema umum, sepertinya susah naik. Ciri artikel viral itu temanya unik dan bener-bener ngena (identitasnya) ke pembaca. Contoh, “5 Alasan Kenapa Menikahi Perempuan Jawa”. Nah, di sini targetnya ialah cowok-cowok luar Jawa, dan cewek-cewek Jawa, keduanya bisa masuk dalam bahasan dan sama-sama tertarik pada bahasan tersebut. Intinya sih, tinggal pinter-pinter milih sudut pandang sama pengemasan (framing) aja, Mas.

      Itu aja yang bisa saya jawab.

      Kalau pengen tau lebih detail, tunggu tanggal 11 Agustus ya, kita bakal launching e-guide Rahasia Hipwee Listicle 🙂

      Terima kasih

  2. fazar says:

    Salam kenal.

    Sudah setahun kebelakangan kenal hipwee. Bahkan jadi sumber isnpirasi dan influener dalam menulis. Dari segi judul, tema, gaya bahasanya sangat youth banget.

    Dan senin lalu, pak Yodhia mengenalkan kadikatalk secara tidak langsung lewat blognya. Ok ditunggu tanggal 11 🙂

  3. Adi says:

    Kadika, blm jadi launching ya e-guidenya?
    Klo udah launching ditunggu ya kabarnya…
    Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *